Cara Install Aplikasi KTMM

Cara Install Aplikasi KTMM

Menyikapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) mendorong koperasi-koperasi di Indonesia untuk melakukan transformasi layanan menuju Koperasi Digital. Menyitir situs resmi KemenkopUKM, aplikasi koperasi digital pertama di Indonesia rilis pada September 2020 dan digunakan oleh sebuah koperasi simpan pinjam.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur sangat tanggap terhadap perkembangan digitalisasi koperasi. Dilansir dari mediantt.com, Diskopnaketrans NTT siap dan bertekad mendukung transformasi koperasi di NTT untuk go digital dengan menggunakan aplikasi Simpool yang dibangun oleh PT. Ikkat Inovasi Teknologi.

KTMM termasuk salah satu dari ratusan koperasi di NTT yang mendapat dukungan Diskopnaketrans NTT untuk menjadi koperasi digital. Pemakaian aplikasi koperasi digital membuat layanan KTMM memiliki citarasa perbankan. KTMM bisa hadir dalam genggaman tangan setiap Anggota.

Begitulah sekilas kisah Aplikasi KTMM. Lalu, bagaimana cara install Aplikasi KTMM?

Cara install aplikasi KTMM sangat mudah, Ase Kae bisa ikuti 8 langkah berikut:

Cek Email

1. Cek Email

Cek email yang dicantumkan saat mendaftar jadi Anggota KTMM. Lihat pesan dari KOPJAS Tiba Meka Mandiri yang berisi:

  1. Kode Akses Koperasi
  2. Username
  3. Password
Ingat baik-baik informasi ini, ya!

Unduh aplikasi

2. Unduh Aplikasi KTMM

Masuk ke Google Playstore. Cari aplikasi KTMM dengan kata kunci: Koperasi NTT Bangkit. Kalau sudah ketemu aplikasinya, seperti gambar di samping, klik Install atau Pasang.

3. Buka Aplikasi KTMM

Setelah terpasang, buka Aplikasi KTMM. Saat pertama kali membuka aplikasi KTMM akan muncul info fitur-fitur aplikasi dalam bahasa Inggris. Geser sampai muncul tampilan info SECURITY, seperti gambar di samping. Lalu, klik ENTER.

Kode akses

4. Masukkan Kode Akses

Setelah itu, muncul tampilan permintaan kode akses. Masukkan kode KTMM: 530482-2. Lalu, klik NEXT.

5. Masukkan Username dan Password

Ketika muncul halaman Login seperti gambar di samping, masukkan info Username dan Password seperti yang terkirim di email. Lalu, klik LOGIN.

Input otp

6. Masukkan Kode OTP

Setelah halaman Login, masih ada 1 tahap keamanan lagi yang harus dilalui, yaitu memasukkan kode OTP (One Time Password). Kode ini akan terkirim ke email. Silakan cek email sekali lagi. Lalu, masukkan kode OTP dan klik SUBMIT.
Harap diingat! Kode OTP ini memiliki batas waktu pemakaian. Perhatikan batas waktu ini supaya kode dapat terpakai sebelum batas waktunya berakhir.

S&K

7. Persetujuan Terms and Conditions

Kemudian, muncul tampilan Syarat dan Ketentuan (Terms and Conditions) penggunaan Aplikasi KTMM. Silakan geser ke bawah hingga muncul kotak persetujuan (I have read and agree ...). Klik kotak persetujuan ini untuk menampilkan tanda centang. Lalu, klik tombol Agree.

Beranda Aplikasi

8. Selamat Datang di Koperasi Digital KTMM!

Setelah Syarat dan Ketentuan disetujui, halaman beranda Aplikasi KTMM akan muncul. Selamat datang di Koperasi Digital KTMM!
Beranda Aplikasi menampilkan beragam fitur transaksi yang dapat dilakukan Anggota, seperti: isi pulsa handphone, beli pulsa listrik, bayar tagihan lainnya atau transfer uang ke sesama Anggota.

Supaya Aplikasi KTMM dapat digunakan secara optimal untuk bayar ini dan itu, pastikan saldo simpanan DOET (Komodo Wallet) punya Ase Kae mencukupi.

Ada tiga cara untuk menambah simpanan DOET. Salah satunya menggunakan  Virtual Account yang sangat praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.